Jumat, 29 Desember 2017

Fungsi, Peranan dan Manfaat Teater dalam kehidupan

Fungsi, Peranan dan Manfaat Teater dalam kehidupan - Secara bahasa kata “Teater” berasal dari bahasa Inggris yaitu theater atau theatre, bahasa Perancis  théâtre  dan dari bahasa Yunani theatron. Secara etimoligis, kata “Teater” diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Sedangkan secara istilah kata istilah diartikan sebagai hal yang dipertunjukan di atas pentas untuk dinikmati.


Teater dalam arti sempit dapat diartikan sebagai sebuah drama atau perjalanan hidup seseorang yang dipertunjukan diatas pentas dan disaksikan banyak orang sesuai dengan naskah yang tertulis. Dan dalam arti luas, teater adalah segala adegan yang mempunyai perat untuk ditunjukan didepan orang banyak, seperti ketoprak, ludruk, wayang, sintren, janger, mamanda, dagelan, sulap, akrobat dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, istilah teater berkaitan erat dengan kata drama. Kata “teater” dan “drama” mempunyai istilah yang berbeda. Drama merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani Kuno “draomai” yang artinya bertindak atau berbuat. Dapat disimpulkan bahwa “teater” berkaitan dengan pertunjukan, sedangkan “drama” berkaitan dengan peran atau naskah cerita yang akan dipentaskan. Jadi, teater adalah visualisasi dari drama. Dengan kata lain drama adalah salah satu unsur dari teater.

FUNGSI TEATER DALAM KEHIDUPAN

Dalam Kehidupan Teater berfungsi sebagai sarana hiburan yang dapat mengarakan dan mendidik pemeran maupun penonton karna dalam kegiatan itu akan ada sesi dimana pemeran akan memerankan tokoh yang sifatnya protagonis dan ada pula yang bersipat antagonis yang dimana kedua sifat itu akan ditunjukan dalam teater dari awal sampai akhir kejadian atau hal apa yang didapat akibat perbuatan dari sifat itu, dari itu kita dapat mengambil pelajarannya

PERANAN TEATER DALAM KEHIDUPAN

Teater memiliki peranan yang cukup besar dalam kehidupan bermasyarakat, terutama bagi personil yang terlibat teater dan bagi penonton teater. Bagi personil yang terlibat langsung dalam teater, selain dapat menghibur, mereka juga terhibur karena pentas dapat dijadikan ajang ekspresi yang positif. Teater juga dapat dipakai sebagai media ekspresi untuk mengungkapkan pemikiran, perasaan, dan emosi-emosi seperti: kemarahan, kesedihan, kegembiraan, kegeraman, kesombongan, keangkuhan, dan keramahan.

MANFAAT TEATER DALAM KEHIDUPAN

Manfaat Teater dalam kehidupan bermasyarakat selain sebagai media pendidikan. Selain itu, masih banyak lagi manfaat teater yang dapat kita dapatkan. nah pada artikel ini, kita akan membahas mengenai Manfaat Seni Teater, adapun manfaatnya sebagai beriku :

Sebagai sarana edukasi sejarah untuk masyarakat
Teater sering dipertunjukkan sebagai salah satu hiburan saat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Tema yang diusung pun beragam namun sebagian besar akan mementaskan kisah para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan untuk Indonesia. Hal ini lah yang menjadi salah satu nilai utama dalam sebuah pertunjukkan teater, yaitu mengenalkan dan memvisualisasikan bagaimana sejarah itu terjadi. Baik pelaku maupun penonton teater secara tidak langsung akan mempelajari salah satu peristiwa sejarah di Indonesia.

Sebagai ritual dalam suatu upacara adat/tradisonal
Beberapa daerah yang masih memiliki kepercayaan tertentu sering menggunakan pentas seni teater sebagai salah satu bagian dari upacara adat mereka. Pertunjukkan teater jenis ini tidak membutuhkan penonton tapi cukup dari peserta upacara saja.

Bagi pelaku teater menjadi lebih peka terhadap kehidupan sosial
Setiap pementasan teater pasti memiliki pesan moral kehidupan yang ingin disampaikan kepada penonton. Pesan moral tersebut tentu akan lebih efektif diterima oleh para pemain teater karena mereka harus menghayati peran tersebut sebelum pementasan

Meningkatkan rasa percaya diri
Sebagai seorang pemain teater diwajibkan untuk mampu mengekspresikan emosi baik itu senang, marah maupun sedih. Proses memunculkan emosi yang baik ini diperlukan rasa percaya diri terlebih dulu agar ekspresi yang ditampilkan lebih baik.

Sebagai penyampai pesan moral untuk kehidupan
Setiap pementasan teater pasti akan ada pesan moral yang diupayakan agar dapat tersampaikan ke masyarakat. Melalui teater ini kita dapat melakukan perubahan kepribadian dan pola pikir masyarakat tanpa terlihat menggurui.

Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Pemain teater akan memiliki waktu bersosialisasi dengan sesama lebih banyak dibanding non pemain teater. Hal ini memiliki dampak positif bagi perkembangan kehidupan sosial mereka, tidak seperti mayoritas anak khususnya remaja yang lebih tertarik berinteraksi dengan gadget dibanding dengan orang lain disekitarnya.

nahh demikian artikel tentang teater semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian, aamiin

Fungsi, Peranan dan Manfaat Teater dalam kehidupan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar